Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan Two Stay Two Stray pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan sampel kelas X AK C sebagai kelas eksperimen I dan X AK A sebagai kelas eksperimen II.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metodete. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok diperoleh rata-rata prestasi belajar eksperimen I = 75,4 dan rata-rata prestasi belajar eksperimen II = 71,8. Sedangkan berdasarkan uji beda rata-rata (uji pihak kanan) dengan 𝑛1 = 31, 𝑛2= 31, taraf signifikansi 5% dan dk = 60, diperoleh tobs = 2,166 dan 𝐷𝐾= 𝑡 𝑡<β 2,000 𝑎𝑡𝑎𝑢 𝑡>2,000 sehingga 𝑡𝑜𝑏𝑠.β DK, maka diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write memberikan prestasi belajar yang lebihbaik daripada model pembelajaran Two Stay Two Stray.