Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan persepsi
siswa dan faktor lingkungan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII
SMP Negeri se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran
2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate
Random Sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan
data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode
dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket persepsi siswa, angket faktor
lingkungan, dan soal tes prestasi belajar matematika siswa. Uji hipotesis yang
digunakan adalah uji t dan korelasi product moment .
Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara persepsi siswa dan faktor lingkungan terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gombong.