Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi gaya hidup
dan electronic word of mouth pada media sosial Instagram konsumen terhadap
keputusan pembelian di kafe Cozy Coffee Corner, baik secara individu maupun
bersama-sama.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Cozy Coffee
Corner. Jumlah sampel sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik
nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji
cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi linier
berganda, uji t, uji F, dan determinasi.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dimensi gaya hidup berada
pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 48%, electronic word of mouth
berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 42%, dan keputusan
pembelian pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 52%. Hasil analisis
kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
dimensi gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen dengan sumbangan
sebesar 14,1% (
= 0,376 dan t
= 2,784 dengan sig = 0,008 < 0,05). Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara electronic word of mouth terhadap
hitung
keputusan pembelian konsumen dengan sumbangan sebesar 28,7% (
= 0,536
dan t
= 4,347 dengan sig = 0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara dimensi gaya hidup dan electronic word of mouth secara
bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen (R = 0,910 dan nilai
F
hitung
hitung
= 112,741 dengan tingkat sig 0,000 < 0,05 dengan sumbangan sebesar
82,8
%. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F
bernilai positif serta
signifikan karena hasil signifikansi < 0,05.
hitung