Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media kartu pada siswa kelas VII SMP BARATA Bener Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Karim, Amat Nuh
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:34:57Z
dc.date.available 2018-02-02T07:34:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1006
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar melalui model pembelajaran TGT menggunakan media kartu dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan (Planning) , tindakan (Acting), pengamatan (observing) dan refleksi (Reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Barata Bener Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan, butir soal tes untuk mengukur kemampuan prestasi belajar. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keaktifan belajar matematika meningkat dari siklus I sebesar 51,81% menjadi 77,3% pada siklus II. Sedangkan rata-rata prestasi belajar meningkat dari siklus I sebesar 59,51 menjadi 74,58 pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 51,61% menjadi 74,19% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar, yang diikuti dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran TGT. Peningkatan keaktifan pada siklus 2 ditunjukkan pada keterlibatan siswa yang bertanya, mendengarkan penjelasan dan bersedia maju presentasi mengerjakan di depan meningkat. Pada keterlibatan mental yaitu siswa yang memberikan tanggapan meningkat. Sedangkan pada keterlibatan emosi yaitu siswa sudah tidak terlihat bosan. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus 2 ditunjukkan dengan siswa mampu berpikir, saling bekerja sama dalam kelompok. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media kartu pada siswa kelas VII SMP BARATA Bener Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account