Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KUTEMUKAN ENGKAU DI SETIAP TAHAJUDKU KARYA DESI PUSPITASARI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Trilukito, Mugi
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:36:16Z
dc.date.available 2018-02-02T07:36:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1007
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari, (2) nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama yang terdapat dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama yang meliputi perilaku tokoh utama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dengan instrumen utama penulis selaku peneliti. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis disajikan secara informal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku terdiri dari tema, yaitu kasih sayang; alur dalam novel tersebut tergolong ke dalam alur campuran; tokoh dan penokohan, Agus sebagai tokoh utama; teknik pelukisan tokoh secara analitik dan dramatik; latar terbagi menjadi tiga (a) latar tempat meliputi jalanan pinggir kota, rumah Agus, rumah Hari, bengkel Joko, mushala, bar; (b) latar waktu meliputi pagi, siang, sore, dan malam; (c) latar sosial meliputi seorang mahasiswa, pembuat tato, guru, dosen, montir bengkel; latar dalam novel berfungsi sebagai metafora dan atmosfer; dan sudut pandang yang digunakan orang ketiga serbatahu. (2) nilai pendidikan karakter tercermin dari perilaku tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku meliputi penyabar, bertakwa, peduli, tanggung jawab, pemberani, pekerja keras, rendah hati, dan ikhlas. (3) Skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku di kelas XI, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5-6 anak. Tiap kelompok ditugasi membaca novel dan mengkaji unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama novel tersebut dengan mencari data yang mendukung, dipresentasikan di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi. Setelah semua kelompok maju di depan kelas, setiap siswa membuat sinopsis. Evaluasi dilaksanakan secara tertulis dengan teknik tes (tes esai) dan teknik nontes (kuesioner en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik Novel, Nilai Pendidikan Karakter, Skenario Pembelajaran. en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KUTEMUKAN ENGKAU DI SETIAP TAHAJUDKU KARYA DESI PUSPITASARI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account