Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa SMP dalam
menyelesaikan soal cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel
dengan menggunakan prosedur Newman. Kesalahan dalam prosedur Newman
yaitu: 1). kesalahan membaca, 2). kesalahan memahami, 3). kesalahan
mentransformasikan, 4). kesalahan memproses, 5). kesalahan menyimpulkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes, metode wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Instrument dalam penelitain ini menggunakan instrument bantu yaitu soal tes.
Teknik analisis datanya dengan reduksi data (data reduction), penyajian data
(data display), conclusion drawing. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A yang menggunakan prosedur Newman dalam memecahkan
masalah matematika.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa masih melakukan kesalahan
berdasarkan prosedur Newman. Kesalahan dalam prosedur Newman dalam
memecahkan masalah matematika ada lima tahapan yaitu: (1) kesalahan
menuliskan kembali apa saja yang diketahui dalam soal dan kurang bisa dalam
memaknai arti kata, (2) kurang bisa memahami soal dan pertanyaan yang
dimaksud dalam soal, (3) tidak mampu mengubah soal cerita ke bentuk model
matematika sesuai prosedur dan tidak tahu rumus yang akan digunakan, (4) tidak
mampu menyelesaikan soal menggunakan operasi hitung dengan tepat dan salah
dihasil dioperasi hitungannya, (5) tidak dapat menyelesaikan hasil akhir dan tidak
bisa menyimpulkan sesuai dengan yang diminta dalam soal. Adapun penyebabnya
adalah tidak bisa menyusun makna kata yang dipikirkan ke bentuk struktur
gramatikalnya, tidak memahami makna yang diminta, kurang teliti, kurang bisa
mengatur waktu, kurang serius mengikuti pelajaran, kurang dapat menangkap
informasi masalah yang terkandung dalam soal, lupa, kurang latihan mengerjakan
bentuk soal cerita, salah menangkap informasi dari guru, kurang memahami soal,
kurang memahami materi.