Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Menggunakan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP N 43 Purworejo Tahun Ajaran 2016/ 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Edi
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:37:06Z
dc.date.available 2018-02-02T07:37:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1009
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan prosedur Newman. Kesalahan dalam prosedur Newman yaitu: 1). kesalahan membaca, 2). kesalahan memahami, 3). kesalahan mentransformasikan, 4). kesalahan memproses, 5). kesalahan menyimpulkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrument dalam penelitain ini menggunakan instrument bantu yaitu soal tes. Teknik analisis datanya dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), conclusion drawing. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang menggunakan prosedur Newman dalam memecahkan masalah matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa masih melakukan kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Kesalahan dalam prosedur Newman dalam memecahkan masalah matematika ada lima tahapan yaitu: (1) kesalahan menuliskan kembali apa saja yang diketahui dalam soal dan kurang bisa dalam memaknai arti kata, (2) kurang bisa memahami soal dan pertanyaan yang dimaksud dalam soal, (3) tidak mampu mengubah soal cerita ke bentuk model matematika sesuai prosedur dan tidak tahu rumus yang akan digunakan, (4) tidak mampu menyelesaikan soal menggunakan operasi hitung dengan tepat dan salah dihasil dioperasi hitungannya, (5) tidak dapat menyelesaikan hasil akhir dan tidak bisa menyimpulkan sesuai dengan yang diminta dalam soal. Adapun penyebabnya adalah tidak bisa menyusun makna kata yang dipikirkan ke bentuk struktur gramatikalnya, tidak memahami makna yang diminta, kurang teliti, kurang bisa mengatur waktu, kurang serius mengikuti pelajaran, kurang dapat menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal, lupa, kurang latihan mengerjakan bentuk soal cerita, salah menangkap informasi dari guru, kurang memahami soal, kurang memahami materi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kesalahan siswa, Menyelesaikan soal cerita matematika, Prosedur Newman en_US
dc.title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Menggunakan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP N 43 Purworejo Tahun Ajaran 2016/ 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account