Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif
dan signifikan antara cara belajar dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi
belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 8 Purworejo baik
secara individu maupun secara simultan.
Populasi penelitian siswa kelas X SMA N 8 yang berjumlah 100 siswa,
penentuan sampel berpedoman pada tabel Isaac dan Michael dengan taraf
kesalahan 5% diperoleh sampel 78 siswa. Pengambilan sampel secara random
sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert
yang masing-masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel cara
belajar berada pada kategori baik (46,2%), variabel kreativitas mengajar guru
berada pada kategori tinggi (24,4%) dan variabel prestasi belajar pada kategori
tinggi (37,2%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar sebesar 22,8 %
(𝑟
𝑥
1
𝑦
= 0,478 dan t
= 4,714 dengan sig = 0,000 ≤ 0,05 ). Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar
sebesar 43,2% 𝑟
𝑥
2
hitung
𝑦
= 0,568 dan t
= 5,973 dengan sig = 0,000 ≤ 0,05. Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara cara belajar dan kreativitas mengajar
hitung
guru secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar 42,5% (R) = 0,652 dan nilai
F
= 27,747 dengan tingkat sig 0,000. 57,5% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif serta signifikan karena
hasil signifikan < 0,05.
hitung