Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Cara Belajar Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 8 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Arrosyad, Mufid
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:39:56Z
dc.date.available 2018-02-02T07:39:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1011
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 8 Purworejo baik secara individu maupun secara simultan. Populasi penelitian siswa kelas X SMA N 8 yang berjumlah 100 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% diperoleh sampel 78 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert yang masing-masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel cara belajar berada pada kategori baik (46,2%), variabel kreativitas mengajar guru berada pada kategori tinggi (24,4%) dan variabel prestasi belajar pada kategori tinggi (37,2%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar sebesar 22,8 % (𝑟 𝑥 1 𝑦 = 0,478 dan t = 4,714 dengan sig = 0,000 ≤ 0,05 ). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar sebesar 43,2% 𝑟 𝑥 2 hitung 𝑦 = 0,568 dan t = 5,973 dengan sig = 0,000 ≤ 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara cara belajar dan kreativitas mengajar hitung guru secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar 42,5% (R) = 0,652 dan nilai F = 27,747 dengan tingkat sig 0,000. 57,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif serta signifikan karena hasil signifikan < 0,05. hitung en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Cara Belajar, Kreativitas Mengajar Guru dan Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Cara Belajar Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 8 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account