Abstract:
Manusia memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan akan barang
konsumsi sehari-hari seperti sabun, shampoo, pasta gigi, dan lain-lain. Shampoo
adalah suatu produk yang sering digunakan sehari-hari oleh konsumen untuk
merawat keindahan dan kesehatan rambut. Diantaranya yang mampu memikat
para wanita, terutama wanita di Indonesia untuk membeli produk shampoo wanita
yaitu shampoo Pantene. Dalam memasarkan produknya, salah satu cara yang
digunakan oleh perusahaan yaitu dengan memanfaatkan media sosial facebook
melalui electronic word of mouth agar dapat menarik minat beli konsumennya.
Dikalangan masyarakat Indonesia shampoo Pantene merupakan shampoo yang
memiliki citra yang kuat dibandingkan dengan shampoo merek lain. Dengan
adanya produk yang memiliki citra merek (brand image) yang baik seperti produk
shampoo Pantene, keinginan konsumen atau minat beli (purchase intention)
konsumen akan semakin tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk: menguji pengaruh electronic word of mouth
dan brand image secara parsial terhadap purchase intention pada peminat
Shampoo Pantene di Purworejo. Objek penelitian ini adalah Shampoo Pantene.
Populasi penelitian ini adalah peminat produk Shampoo Pantene di Purworejo.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel
dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diujicoba dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah
regresi liniear berganda.
Hasil analisis regresi liniear berganda menunjukkan bahwa electronic
word of mouth dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase intention pada peminat Shampoo Pantene di Purworejo.