Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan serta
hasil belajar siswa melalui pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran
Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdari dari dua kali
pertemuan, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan,
observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan
April 2017 dengan subjek siswa kelas XI Pemasaran tahun pelajaran 2016/2017
yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan
metode tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif.
Hasil analisi menunjukkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing dapat
meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Persentase keaktifan belajar
siswa pada pra siklus 45,62% ke sikus I 73,75% meningkat 28,13% dan siklus I
73,75% ke siklus II 93,125% meningkat 19,37%. Persentase hasil belajar siswa
pada pra siklus 48,48% ke sikus I 54,54% meningkat 6,06%% dan siklus I
54,54% ke siklus II 93,93% meningkat 39,39%.