Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVELCINTA DI UJUNG SAJADAH KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Karlina, Dewi Eka
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:45:47Z
dc.date.available 2018-02-02T07:45:47Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1016
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur instrinsik; (2) nilai moral novel Cinta di Ujung Sajadah; dan (3) scenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral dalam novel Cinta di Ujung Sajadah di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai moral dalam novel Cinta di Ujung Sajadah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Instrumen utama penulis selaku peneliti. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis disajikan secara informal Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrinsik dalam novel Cinta di Ujung Sajadah sebagai berikut: (a) tema mayor novel ini adalah religi islami, sedangkan tema minor novel ini masalah kesabaran, masalah percintaan, dan masalah iri hati; (b) alur yang digunakan alur sorot balik; (c) tokoh utama adalah Cinta; (d) sudut pandang novel ini adalah sudut pandang persona ketiga; (e) amanat novel ini bakti anak kepada orang tuanya; (f) hubungan antarunsur terdiri dari hubungan tema dengan tokoh dan penokohan, hubungan tokoh dan penokohan dengan alur, dan hubungan latar dengan tokoh dan penokohan; (2) nilai moral novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia, meliputi: (a) hubungan manusia dengan Tuhan:mengingat Allah, mengaji, dan bersyukur; (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi tolong-menolong, berbagi cerita, persahabatan, hormat kepada orangtua, saling menyayangi, berterima kasih, rindu, dan memberi salam; (c) hubungan manusia dengan alam yaitu, menikmati pemandangan:(3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral novel Cinta di Ujung Sajadah di kelas XI SMA, menggunakan metode kuantum, yaitu (a) menyampaikan motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran, siswa dapat mengetahui unsur intrinsik novel; (b) pemberian tugas; (c) refleksi kegiatan belajar mengajar. Penilaian dilaksanakan melalui pengerjaaan soal uraian dan pilihan ganda. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai moral, dan skenario pembelajaran en_US
dc.title NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVELCINTA DI UJUNG SAJADAH KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account