Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kemampuan
kreativitas siswa yang memperoleh model pembelajaran Realistic Mathematics
Education lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Pair
Checks, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik daripada siswa yang
memperoleh model pembelajaran Pair Checks.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh kelas VII MTs Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen tahun
pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster rondom
sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen
1 dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui kreativitas
matematis siswa dan menggunakan metode tes untuk mengetahui kemampuan
komunikasi matematis siswa yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis tahap akhir data menggunakan uji t multivariat.
Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa : (1) kreativitas siswa
dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik daripada
kreativitas siswa dengan model pembelajaran Pair Checks, (2) komunikasi
matematis siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics
Educationlebih baik daripada komunikasi matematis siswa dengan model
pembelajaran Pair Checks.