Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA TAJUK RENCANA PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI BAGELEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Susilowati, Endang
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:49:34Z
dc.date.available 2018-02-02T07:49:34Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1018
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis berita menggunakan media tajuk rencana pada siswa kelas VIII SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016; (2) pengaruh penggunaan media tajuk rencana terhadap minat dan aktivitas siswa dalam menulis berita pada siswa kelas VIII SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016; (3) peningkatan keterampilan menulis berita menggunakan media tajuk rencana pada siswa kelas VIII SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Pelaksanaan pembelajaran menulis berita terdiri dari tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil menulis berita, sedangkan teknik nontes digunakan untuk observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran menulis berita dengan media tajuk rencana dilakukan mulai dari siklus I, dan siklus II. Langkah-langkah penerapan media tajuk rencana dalam penulisan berita antara lain: 1) siswa membaca tajuk rencana yang telah disiapkan guru; 2) guru memandu siswa untuk menuliskan pokok-pokok penting yang terdapat dalam tajuk rencana, yakni 5W+ 1H; 3) siswa mengembangkan pokok-pokok penting menjadi teks berita yang singkat, padat, dan jelas. Pengaruh penggunaan media tajuk rencana terhadap minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis berita terdapat perubahan positif (senang, bersemangat) terhadap perilaku siswa dalam menulis berita dari siklus I dan siklus II. Persentase rata-rata minat belajar siswa tahap prasiklus sebesar 31,82% tahap siklus I menjadi 68,18% dan pada siklus II sebesar 90,90%. Pada aktivitas belajar pada prasiklus, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tertib hanya sebesar 31,82% pada siklus I meningkat menjadi 45,45%, dan pada siklus II sebesar 95,45%. Keterampilan siswa dalam menulis berita dengan menggunakan media tajuk rencana terjadi peningkatan. Peningkatan terlihat dari skor rata-rata prasiklus sebelum diberi tindakan adalah 61,86% sedangkan pada siklus I sebesar 71,09. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai sebesar 9,23%. Skor pada akhir tindakan siklus II sebesar 80,01. Peningkatan dari awal sebelum dilakukan tindakan sampai berakhirnya tindakan kegiatan siklus II adalah 18,33%. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, berita, dan media tajuk rencana en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA TAJUK RENCANA PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI BAGELEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account