Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas
XI Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Ambal Kebumen tahun pelajaran 2016/2017
semester 2 dengan menggunakan pembelajaran metode Reciprocal Teaching.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Niaga 1
SMK Negeri 1 Ambal Kebumen yang jumlah siswanya 35. Metode pengumpulan
data yang dilakukan oleh peneliti adalah tes dan angket. Prosedur penelitian tiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan
tindakan, (c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti
dari rata-rata nilai pra siklus nilai siswa yaitu 75,94, pada tindakan siklus I setelah
penggunaan metode Reciprocal Teaching terjadi peningkatan rata-rata siswa
menjadi 84,14, pada tindakan siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 93.
Selain itu terjadi pula presentase ketuntasan belajar siswa dimana pada tindakan
pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 74,29%. Pada tindakan
siklus I terjadi peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 94,29%
dan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar
menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan
pembelajaran metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran kewirausahaan.