Abstract:
Fotografi merupakan bidang komunikasi visual yang banyak diminati di Indonesia bahkan di dunia. Salah satu perusahaan yang sadar akan hal itu adalah PT Nikon Indonesia yang telah meluncurkan berbagai macam produknya salah satunya adalah Kamera DSLR merek Nikon. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembilan produk kamera DSLR Merek Nikon di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Produk Kamera DSLR Merek Nikon yang ada di Purworejo, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pungumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi berganda, uji t, dan uji f.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta terdapat kontribusi antara variabel bebas yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap terhadap variasi variabel terikat, yaitu keputusan pembelian. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yang diajukan, terbukti dan dapat diterima.