Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia gambar
matematika berbasis realistik sebagai sumber belajar untuk siswa sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Obyek dalam
penelitian ini adalah multimedia gambar matematika berbasis realistik.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumbersari, Banyuurip,
Purworejo. Pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: (1) studi
pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) uji lapangan. Studi pendahuluan
meliputi studi kepustakaan, survei lapangan, dan penyusunan produk awal atau
draf model. Pengembangan model meliputi prosedur pengembangan produk dan
validasi ahli. Ujicoba lapangan meliputi ujicoba lapangan awal, ujicoba lapangan
utama, dan ujicoba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dan lembar observasi.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pada umumnya
semua aspek dalam multimedia gambar yang dikembangkan mendapatkan
penilaian dengan kategori baik. Hasil validasi ahli materi menunjukkan aspek
pembelajaran termasuk kategori baik (rerata 4,20) dan aspek materi termasuk
kategori baik (rerata 4,10); validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek
tampilan termasuk kategori baik (rerata 4,20) dan aspek media termasuk dalam
kategori baik (rerata 4,10); hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa aspek
pembelajaran termasuk kategori sangat baik (rerata 4,73), aspek materi termasuk
dalam kategori sangat baik (rerata 4,78), dan aspek media termasuk dalam
kategori sangat baik (rerata 4,79). Perolehan presentase respon siswa terhadap
multimedia gambar sebesar 90,48% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan
rerata penilaian tersebut, maka multimedia gambar matematika yang
dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai sumber
belajar untuk siswa Sekolah Dasar.