Abstract:
Green product merupakan suatu produk yang diproduksi dengan proses
dan teknologi ramah lingkungan serta memiliki tujuan agar terpenuhinya
kebutuhan konsumen di era global saat ini yang mampu mengurangi efek
mencemari dan merusak lingkungan. Green advertising merupakan salah satu cara
yang dapat mendukung menyebarkan informasi mengenai green product itu
sendiri yang diharapkan dapat membujuk konsumen untuk membeli. Penelitian ini
bertujuan untuk: menguji pengaruh green product dan green advertising secara
parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario Techno 125
PGM FI di Purworejo.
Populasi penelitian adalah semua konsumen sepeda motor Vario Techno
125 PGM FI di Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 130 orang. Teknik
pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah di uji cobakan
dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang
digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS 17.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa green product
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan
green advertising berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa semakin tinggi nilai green
product dan green advertising mampu meningkatkan keputusan pembelian
konsumen.