dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM
Purworejo melalui metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS); (2)
Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan prestasi belajar matematika melalui
siswa metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo yang
berjumlah 34 siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa dan prestasi belajar siswa pada pelajaran
matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data
dianalisis menggunakan rumus rerata dan presentase.
Pada siklus I, presentase skor kemampuan pemecahan masalah siswa
mencapai 63,37% dan pada siklus II meningkat sebesar 75,64%. Dari analisis data
tes evaluasi, diperoleh hasil rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar
63,35% dengan ketuntasan klasikal mencapai 41,17%. Kemudian pada siklus II
rerata prestasi belajar menjadi 76,02% dengan ketuntasan klasikal mencapai
73,52%. Sehingga disimpulkan bahwa Metode Thinking Aloud Pair Problem
Solving (TAPPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan
prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016. |
en_US |