Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa Kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Fariha, Nuraeni
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:55:35Z
dc.date.available 2018-02-02T07:55:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1025
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo melalui metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS); (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan prestasi belajar matematika melalui siswa metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo yang berjumlah 34 siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rerata dan presentase. Pada siklus I, presentase skor kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 63,37% dan pada siklus II meningkat sebesar 75,64%. Dari analisis data tes evaluasi, diperoleh hasil rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,35% dengan ketuntasan klasikal mencapai 41,17%. Kemudian pada siklus II rerata prestasi belajar menjadi 76,02% dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,52%. Sehingga disimpulkan bahwa Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa Kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account