Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI RELIGIUS TOKOH UTAMA PADA KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA AHMAD MUSTOFA BISRI DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Dianawati, Dini
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:57:51Z
dc.date.available 2018-02-02T07:57:51Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1027
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi: unsur intrinsik yang terdiri dari tema, tokoh, alur, latar, dan sudut pandang, cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri; nilai religius dalam cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri; dan pembelajarannya di SMA. Objek penelitian ini cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa kutipan langsung maupun tidak langsung dari teks cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri yang diterbitkan oleh Kompas. Fokus penelitian ini pada nilai religius cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri dan pembelajarannya di SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis sebagai peneliti, kartu pencatat data serta alat tulisnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik metode pustaka. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian data informal. Hasil penelitian ini antara lain: (1) unsur intrinsik kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi tema yang ditampilkan adalah masalah keistimewaan ilmu, penyesalan di masa muda, nasihat seorang kiai, cinta yang tidak terbalas, kasih sayang seorang isteri kepada suaminya, keyakinan terhadap kemampuan, keteguhan seorang isteri, masalah kesabaran menjadi ustad. Alurnya adalah alur campuran. Latar yang digunakan, tempat, latar waktu, dan latar sosial. Tokoh cerpen diungkapkan melalui penjelasan pengarang dengan metode dramatik yang melalui dialog antartokoh, reaksi tokoh terhadap masalah, tanggapan tokoh lain, penggambaran latar, serta pemikiran dan tindakan tokoh cerita. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama orang ketiga; (2) nilai religius yang terdapat dalam cerpen dikaitkan dengan hubungan manusia dengan Tuhan; taqwa kepada Allah, ridha terhadap ketentuan Allah, dan berdoa kepada Allah; hubungan manusia terhadap manusia: ajaran bahwa manusia yang paling baik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi sesama; hubungan manusia terhadap diri sendiri, introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, berbuat yang terbaik; (3) pembelajaran nilai religius memiliki kompetensi dasar mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, opini, cerpen. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode diskusi. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik Religius Cerpen Lukisan Kaligrafi dan Pembelajarannya di SMA. x en_US
dc.title ANALISIS NILAI RELIGIUS TOKOH UTAMA PADA KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA AHMAD MUSTOFA BISRI DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account