Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pola asuh orang tua
demokratis dalam penguasaan aritmatika sosial pada siswa kelas V SD tahun
pelajaran 2016/2017. Pola asuh orang tua itu sendiri adalah cara yang diterapkan
oleh orang tua dalam membimbing, mendidik, menjaga dan memimpin anaknya
dengan perhatian dan kasih sayang. Penelitian dilakukan pada siswa SD kelas V.
Siswa dikatakan masuk dalam kategori kelompok tinggi ketika siswa dapat
menangkap semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Siswa dikatakan
masuk dalam kategori kelompok sedang ketika siswa belum dapat menangkap
semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Siswa dikatakan masuk
dalam kategori kelompok rendah ketika siswa tidak dapat menangkap semua dari
penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada
penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling.
Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data
display dan conclusion drawing / verification.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa orang tua mampu
menjelaskan secara detail kepada siswa ketika mengajarkan tentang aritmatika
sosial tetapi siswa belum dapat menangkap semua dari penjelasan yang diberikan
oleh orang tua sehingga ketika siswa mengerjakan soal aritmatika sosial kurang
mampu dalam menyelesaikannya, oleh karena itu membuat siswa masuk dalam
kategori kelompok sedang. Tetapi cara orang tua dalam mengajarkan aritmatika
sosial membuat siswa lebih mudah dalam memahami khususnya pada materi
pecahan karena orang tua bisa membimbing dan menggunakan cara yang mudah
dipahami.