Abstract:
Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kelas X 3 SMA
Negeri 2 Kroya Cilacap pada pokok bahasan Konsumsi dan Investasi dengan
model pembelajaran Group Investigation (GI).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 2 Kroya Cilacap. Subjek penelitian adalah siswa kelas
X 3 Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan
pada bulan Maret sampai dengan bulan April tahun 2017. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu metode tes, metode
observasi dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan teknik deskriptif presentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, prestasi belajar siswa meningkat dari
21,42% menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,19% pada
siklus II. Peningkatan ini berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal
ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa
meningkat 67,71 dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21,42%
pada pra siklus menjadi 77,43 dengan ketuntasan menjadi 71,43% pada siklus I
dan meningkat lagi menjadi 85,44 dengan ketuntasan 85,19% pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi.