Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Novitasari, Riani
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:00:06Z
dc.date.available 2018-02-02T08:00:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1030
dc.description.abstract Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kelas X 3 SMA Negeri 2 Kroya Cilacap pada pokok bahasan Konsumsi dan Investasi dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kroya Cilacap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 3 Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April tahun 2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, prestasi belajar siswa meningkat dari 21,42% menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,19% pada siklus II. Peningkatan ini berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat 67,71 dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21,42% pada pra siklus menjadi 77,43 dengan ketuntasan menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,44 dengan ketuntasan 85,19% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Group Investigation (GI), Prestasi Belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account