Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green advertising
terhadap repurchase intention konsumen AQUA dan pengaruh green claim
terhadap repurchase intention konsumen AQUA di kota Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli
dan melihat iklan produk AQUA yang berada di kota Purworejo. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 130 orang. Dalam menentukan ukuran
sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu dilakukan dengan
mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang masing-masing
sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian
hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel green
advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention
AQUA dengan taraf signifikansi p value 0,000 (<0,05) dan berpengaruh sebesar
0,301 dan variabel green claim berpengaruh positif dan signifikan terhadap
repurchase intention AQUA dengan taraf signifikasi p value 0,000 (<0,05) dan
berpengaruh sebesar 0,254. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin
baik green advertising dan green claim dalam diri konsumen maka semakin tinggi
repurchase intention.