Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa SMK kelas X
dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan level
respon siswa. Respon itu sendiri adalah tanggapan atau reaksi seorang individu
atau kelompok yang telah diberi rangsangan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan
pada siswa SMK kelas X. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada
penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling.
Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data
display dan conclusion drawing / verification.
Berdasarkan hasil penelitian secara umum respon siswa dalam
menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika adalah sebagai berikut: Level
respon siswa prastructural: Siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah
matematika hanya menuliskan hal yang diketahui dari permasalahan matematika
yang diberikan, Siswa tidak memahami masalah dan tidak tau apa yang harus
dikerjakan, siswa menolak memberi jawaban. Level respon siswa Unistructural:
siswa sudah memahami masalah dan sudah mengerti apa yang harus dikerjakan.
Tetapi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika hanya
menggunakan satu proses penyelesaian. Level respon siswa Multistructural: siswa
sudah memahami masalah dan sudah mengerti apa yang harus dikerjakan, siswa
dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika menggunakan dua
proses penyelesaian. Level respon yang telah dicapai oleh siswa di SMK TKM
kelas X tersebut hanya sampai level respon Multistructural.