Abstract:
Citra merek merupakan seperangkat ide, keyakinan, dan kesan yang
dimiliki oleh seseorang terhadap suatu merek. Iklan merupakan salah satu cara
yang digunakan untuk mengkomunikasikan produk dan selebriti sebagai endorser
untuk membangun brand image. Celebrity endorser adalah setiap individu yang
dikenal publik dan menggunakan faktor ini sebagai bagian dari produk yang
mempertunjukkannya pada iklan. Penelitian ini bertujuan untuk: menguji
pengaruh visibility, credibility, attraction, dan power celebrity endorser secara
parsial maupun simultan terhadap brand image wardah cosmetics, dan menguji
manakah variabel yang paling berpengaruh terhadap brand image wardah
cosmetics.
Populasi penelitian adalah semua konsumen Wardah yang berada di
Purworejo. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling
sebanyak 130 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan
skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui
bahwa visibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image.
Credibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image.
Attraction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image dan
power berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image. Hasil
pengujian secara bersama-sama diketahui bahwa semua variabel berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap brand image. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama
maupun sendiri-sendiri dari visibility, credibility, attraction, dan power terhadap
brand image Wardah cosmetics. Diantara visibility, credibility, attraction, dan
power diketahui bahwa variabel power memiliki pengaruh paling besar terhadap
brand image.