Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa
dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII tingkat SMP.
Penelitian dilakukan pada siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan adalah
metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan
subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball
sampling. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction,
data display dan conclusion drawing / verification.
Berdasarkan hasil analisis data dari 3 subjek penelitian, maka diperoleh
kesimpulan proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika
pada siswa SMP. Secara umum munculnya proses berpikir kreatif diawali dengan
menemukan hal-hal yang diketahui. Siswa tidak hanya terfokus pada hal yang
diketahui (berpikir kritis), kemudian siswa menemukan hal-hal yang belum
diketahui dari masalah matematika yang ada (berpikir kreatif). Siswa menemukan
hal-hal yang masih tersirat pada masalah matematika untuk mencari solusi dari
masalah matematika yang ada. Selanjutnya menemukan hal yang ditanyakan dan
menemukan kemungkinan strategi untuk menyelesaikan masalah matematika.
Dalam menemukan kemungkinan strategi penyelesaian siswa juga menuliskan
rumus. Siswa menemukan ada cara lain selain dari yang sudah ada. Siswa tidak
hanya menerima dengan satu cara (berpikir kritis) namun masih memikirkan
solusi yang lain (berpikir kreatif). Selanjutnya siswa merencanakan dan
memberikan penyelesaian lain dari yang sudah ada (berpikir kreatif). Berpikir
Kreatif merupakan suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan
bermacam-macam cara dalam mendapatkan penyelesaian suatu masalah
matematika. Kemudian diakhiri dengan memberikan kesimpulan dari masalah
matematika yang diberikan.