Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Shohibah, Tim
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:06:50Z
dc.date.available 2018-02-02T08:06:50Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1034
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII tingkat SMP. Penelitian dilakukan pada siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil analisis data dari 3 subjek penelitian, maka diperoleh kesimpulan proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa SMP. Secara umum munculnya proses berpikir kreatif diawali dengan menemukan hal-hal yang diketahui. Siswa tidak hanya terfokus pada hal yang diketahui (berpikir kritis), kemudian siswa menemukan hal-hal yang belum diketahui dari masalah matematika yang ada (berpikir kreatif). Siswa menemukan hal-hal yang masih tersirat pada masalah matematika untuk mencari solusi dari masalah matematika yang ada. Selanjutnya menemukan hal yang ditanyakan dan menemukan kemungkinan strategi untuk menyelesaikan masalah matematika. Dalam menemukan kemungkinan strategi penyelesaian siswa juga menuliskan rumus. Siswa menemukan ada cara lain selain dari yang sudah ada. Siswa tidak hanya menerima dengan satu cara (berpikir kritis) namun masih memikirkan solusi yang lain (berpikir kreatif). Selanjutnya siswa merencanakan dan memberikan penyelesaian lain dari yang sudah ada (berpikir kreatif). Berpikir Kreatif merupakan suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan bermacam-macam cara dalam mendapatkan penyelesaian suatu masalah matematika. Kemudian diakhiri dengan memberikan kesimpulan dari masalah matematika yang diberikan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Proses berpikir kreatif, Masalah Matematika en_US
dc.title Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account