Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penggunaan metode
5W+1H dalam pembelajaran menulis hasil wawancara pada kelas VII di MTs Ma’arif
NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan
keterampilan menulis hasil wawancara yang diajarkan dengan metode 5W+1H pada
siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (3)
mengetahui perubahan minat pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah
mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 1 Kroya. Objek penelitian
ini adalah kemampuan menulis hasil wawancara dengan metode 5W+1H. Tempat
penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Kroya di kelas VII A. Waktu
penelitian mulai bulan Maret sampai dengan September 2016. Prosedur penelitian ini
terdiri dari tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.Penelitian ini memiliki
empat aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan
data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen dalam penelitian ini
adalah tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis disajikan dengan metode informal.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran
menulis wawancaradengan metode 5W+1H pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1
Kroya dilakukan dalam enam tahap yaitu (a) peneliti memberikan gambaran tentang
metode 5W+1H, (b) peneliti memberikan contoh menulis wawancara dengan metode
5W+1H, (c) siswa ditugasi menulis wawancara dengan teman sekelas ataupun dengan
kakak kelas yang ada di lingkungan sekolah, (d) peneliti mengawasi dan memberi
motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil
menulis wawancara di depan kelas, (f) peneliti memberikan penilaian hasil
wawancara siswa;(2) Peningkatan keterampilan menulis hasil wawancara yang
diajarkan dengan metode 5W+1Hyaitu nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I
sebesar 11,74 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,53 atau
mengalami peningkatan sebesar 6,03 poin; (3) Perubahan minat pada siswa kelas VII
MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H
yaitu pada hasil observasi prasiklus perilaku siswa dalam hal keaktifan masih kurang
terdapat 5 siswa atau 19,23%, pada siklus I sebesar 12 siswa atau 46,15%, dan pada
siklus II sebesar 18 siswa atau 69,23%. Dari hasil observasi prasiklus sampai siklus II
mengalami perubahan ke arah positif atau lebih baik.