Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HASIL WAWANCARA DENGAN METODE 5W+1H PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KROYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ma'rifah, Nita
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:08:42Z
dc.date.available 2018-02-02T08:08:42Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1036
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penggunaan metode 5W+1H dalam pembelajaran menulis hasil wawancara pada kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis hasil wawancara yang diajarkan dengan metode 5W+1H pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (3) mengetahui perubahan minat pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 1 Kroya. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis hasil wawancara dengan metode 5W+1H. Tempat penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Kroya di kelas VII A. Waktu penelitian mulai bulan Maret sampai dengan September 2016. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.Penelitian ini memiliki empat aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan metode informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran menulis wawancaradengan metode 5W+1H pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya dilakukan dalam enam tahap yaitu (a) peneliti memberikan gambaran tentang metode 5W+1H, (b) peneliti memberikan contoh menulis wawancara dengan metode 5W+1H, (c) siswa ditugasi menulis wawancara dengan teman sekelas ataupun dengan kakak kelas yang ada di lingkungan sekolah, (d) peneliti mengawasi dan memberi motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil menulis wawancara di depan kelas, (f) peneliti memberikan penilaian hasil wawancara siswa;(2) Peningkatan keterampilan menulis hasil wawancara yang diajarkan dengan metode 5W+1Hyaitu nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,74 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,53 atau mengalami peningkatan sebesar 6,03 poin; (3) Perubahan minat pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H yaitu pada hasil observasi prasiklus perilaku siswa dalam hal keaktifan masih kurang terdapat 5 siswa atau 19,23%, pada siklus I sebesar 12 siswa atau 46,15%, dan pada siklus II sebesar 18 siswa atau 69,23%. Dari hasil observasi prasiklus sampai siklus II mengalami perubahan ke arah positif atau lebih baik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, wawancara, 5W+1H. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HASIL WAWANCARA DENGAN METODE 5W+1H PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KROYA TAHUN AJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account