Abstract:
Dewasa ini wisata telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Masyarakat
modern melakukan perjalanan wisata dengan tujuan untuk mendapatkan hiburan
atau berekreasi dengan cara menikmati objek wisata di suatu tempat. Informasi
mengenai suatu objek wisata dapat diperoleh melalui berbagai cara salah satunya
dari pengalaman individu lain melalui electronic word of mouth (e-WOM). Oleh
sebab itu, tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh word of
mouth intensity, positive valence word of mouth, dan word of mouth content
secara parsial dan simultan terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata
Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo.
Populasi pada penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan
kunjungan wisatawan di Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo. Peneliti ini
menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling,
dan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Sedangkan, pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) nilai koefisien regresi word of
mouth intensity sebesar 0,314 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya
word of mouth intensity memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung pada objek wisata Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo;
2) nilai koefisien regresi positive valence word of mouth sebesar 0,174 dengan
nilai signifikansi sebesar 0008, artinya positive valence word of mouth memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata
Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo; 3) nilai koefisien regresi word of mouth
content sebesar 0,429 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya word of
mouth content memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
berkunjung pada objek wisata Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo; 4) nilai
koefisien regresi word of mouth intensity, positive valence word of mouth dan
word of mouth content sebesar 69,192 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000,
artinya word of mouth intensity, positive valence word of mouth dan word of
mouth content secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung pada objek wisata Agro Tanjungsari Kabupaten Wonosobo
Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini
terbukti dan dapat diterima.