Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pola asuh orang
tua pada anaknya yang berkebutuhan khusus dan berprestasi dalam belajar
matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian
fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua
siswa berkebutuhan khusus SLB Muhammadiyah Purworejo yang berprestasi
dalam pembelajaran matematika. Teknik pengambilan subjek menggunakan
snowball sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat
bantu berupa panduan observasi, panduan angket, dan panduan wawancara yang
sudah divalidasi oleh dua validator. Analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian
ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Dari penelitian tersebut diperoleh pola asuh orang tua pada anaknya yang
berkebutuhan khusus dan berprestasi dalam belajar matematika yaitu: (1) kontrol
terhadap anak yang fleksibel, (2) terjadi komunikasi dua arah antara anak dan
orang tua, (3) orang tua tidak memberikan hukuman sesuai dengan kesalahan
yang dilakukan anak, (4) orang tua tidak memaksakan disiplin kepada anak.
Orang tua juga memahami kondisi anak.