Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: unsur intrinsik, nilai-nilai moral, dan skenario pembelajaran novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni.
Objek penelitian ini adalah nilai-nilai moral dalam novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa isi keseluruhan teks Novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan data dan sumber data yang telah ada. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal yang menggunakan kata-kata biasa dan dipahami oleh pembaca.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur intrinsik novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni meliputi: Tema novel ini adalah kisah anak yang dititipkan dipanti asuhan yang kemudian diangkat oleh orang tua yang tidak memiliki anak. Tokoh utama Layla Qonita memiliki sifat sabar dalam menghadapi hidup yang begitu berat. Alur yang digunakan dalam novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku adalah alur maju. Latar dalam novel ini terdiri dari latar tempat yang berisi dimana saja kejadian itu berada, latar waktu berisi kapan kejadian terjadi, dan latar sosial berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial dalam masyarakat. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona ketiga “dia” mahatahu, dan gaya bahasa berisi cara pengarang untuk mendapatkan ciri khasnya. Nilai-nilai moral dalam novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni meliputi empat aspek. Hubungan manusia dengan Allah, hubungan ini berdasarkan pada perilaku atau cara seseorang berhubungan dengan Allah, misalnya: shalat, doa, dan bersyukur. Hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan ini erat kaitannya dengan perilaku seseorang, misalnya: sabar dan pemaaf. Hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan ini erat kaitannya antara manusia dengan manusia, misalnya: tolong menolong, dan saling menghormati dan menghargai. Hubungan manusia dengan alam, perilaku manusia untuk mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Allah. Penerapan pada pembelajaran berisi langkah-langkah yang meliputi: menganalisis unsur-unsur intrinsik novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku, menganalisis nilai-nilai moral novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku. Kegiatan refleksi, yaitu guru memberikan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan siswa, dan pemberian tugas struktur.