Abstract:
Persaingan produk fashion semakin pesat. Pemasar berkompetisi menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Pembelian impulsif merupakan keputusan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya oleh konsumen. Pengelolaan faktor stimulus dan situasi yang ada di dalam toko penting dilakukan untuk meningkatkan laba dan produktifitas penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fashion involvement dan in store shopping environment terhadap Impulse Buying pada Metro Departement Store di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Metro Departement Store di kota Purworejo dengan jumlah populasi yang tidak diketahui karena tidak adanya data statistik mengenai jumlah konsumen Metro Departement Store di Kota Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik skala likert yang masing-masing sudah di ujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan uji signifikan (t-test).
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan fashion involvement dan in store shopping environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Metro Departement Store di kota Purworejo.