Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media
pembelajaran video stop motion, mengetahui tingkat validitas, serta mengetahui
tingkat keefektifan media pembelajaran video stop motion.
Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model pengembangan
ADDIE yang hanya sampai uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilaksanakan pada
siswa kelas VII F SMP N 17 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah
31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, angket,
observasi dan tes. Data dipperoleh dari hasil validasi oleh para ahli, hasil
pengerjaan siswa pada soal tes prestasi belajar, hasil observasi proses
pembelajaran dan hasil pengisian angket respon siswa. Teknik analisis data
dengan menggunakan rerata.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses pengembangan media
pembelajaran: Analysis : kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013,
dengan model pembelajaran konvensional, belum pernah digunakan media
pembelajaran dalam proses pembelajaran, tersedia LCD Proyektor di dalam kelas,
siswa kurang aktif serta sulitnya pemahaman konsep pada materi operasi
himpunan. Design : menyusun rencana pengembangan dan menetapkan materi
operasi himpunan sebagai materi pembelajaran. Development : menetapkan
produk yang dibuat adalah video stop motion, membuat materi pembelajaran.
Implementation : Rendering media pembelajaran video stop motion. Evaluation :
melakukan pengambilan data respon siswa terhadap media pembelajaran video
stop motion, proses pembelajaran dengan media pembelajaran video stop motion
dan prestasi belajar siswa. Respon siswa terhadap media pembelajaran
memperoleh skor rerata 3,18 dengan kategori baik, prestasi belajar siswa yang
lulus soal tes memperoleh skor rerata 77,52% (KKM > 75 %), dengan kategori
sangat baik, proses pembelajaran memperoleh skor rerata 3,33 dengan kategori
“baik sekali” dapat disimpulkan dari ketiga indikator bahwa media pembelajaran
video stop motion efektif untuk materi operasi himpunan kelas VII F SMP N 17
Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.