Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion pada Materi Operasi Himpunan Kelas VII F SMP N 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Anggun Shunu
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:17:05Z
dc.date.available 2018-02-02T08:17:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1045
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran video stop motion, mengetahui tingkat validitas, serta mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran video stop motion. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang hanya sampai uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas VII F SMP N 17 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, angket, observasi dan tes. Data dipperoleh dari hasil validasi oleh para ahli, hasil pengerjaan siswa pada soal tes prestasi belajar, hasil observasi proses pembelajaran dan hasil pengisian angket respon siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan rerata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses pengembangan media pembelajaran: Analysis : kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, dengan model pembelajaran konvensional, belum pernah digunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, tersedia LCD Proyektor di dalam kelas, siswa kurang aktif serta sulitnya pemahaman konsep pada materi operasi himpunan. Design : menyusun rencana pengembangan dan menetapkan materi operasi himpunan sebagai materi pembelajaran. Development : menetapkan produk yang dibuat adalah video stop motion, membuat materi pembelajaran. Implementation : Rendering media pembelajaran video stop motion. Evaluation : melakukan pengambilan data respon siswa terhadap media pembelajaran video stop motion, proses pembelajaran dengan media pembelajaran video stop motion dan prestasi belajar siswa. Respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh skor rerata 3,18 dengan kategori baik, prestasi belajar siswa yang lulus soal tes memperoleh skor rerata 77,52% (KKM > 75 %), dengan kategori sangat baik, proses pembelajaran memperoleh skor rerata 3,33 dengan kategori “baik sekali” dapat disimpulkan dari ketiga indikator bahwa media pembelajaran video stop motion efektif untuk materi operasi himpunan kelas VII F SMP N 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Video stop motion, ADDIE, validitas media, keefektifan media en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion pada Materi Operasi Himpunan Kelas VII F SMP N 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account