Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan persepsi dan
peningkatan ketrampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B
SMP Negeri 25 Purworejo melalui model pembelajaran CPS. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilakukan dalam 2
siklus dengan setiap siklus terdiri dari 3x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-B. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket,
tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data
menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa pembelajaran
menggunakan model pembelajaran CPS meningkatkan persepsi yaitu objek,
registrasi dan interpretasi, perhatian, dan umpan balik menjadi baik dan
meningkatkan pemecahan masalah yaitu siswa dapat memahami masalah,
merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah-masalah yang beragam
melalui perhitungan dan memeriksa kembali proses dan hasil. Hasil penelitian
secara kuantitatif model pembelajaran CPS meningkatkan (1) persepsi yaitu hasil
observasi diperoleh rerata siklus I sebesar 63,54% dengan kategori cukup. Pada
siklus II meningkat menjadi 77,08% dengan kategori baik. Hasil angket diperoleh
rerata siklus I sebesar 63,96% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat
menjadi 77,17%. (2) pemecahan masalah yaitu hasil tes diperoleh rerata siklus I
sebesar 64,03% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi
77,42%.