Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Persepsi dan Ketrampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 25 Purworejo Melalui Model Pembelajaran (CPS) Creative Problem Solving Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wijayanti, Esti
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:20:41Z
dc.date.available 2018-02-02T08:20:41Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1047
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan persepsi dan peningkatan ketrampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 25 Purworejo melalui model pembelajaran CPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 3x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS meningkatkan persepsi yaitu objek, registrasi dan interpretasi, perhatian, dan umpan balik menjadi baik dan meningkatkan pemecahan masalah yaitu siswa dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah-masalah yang beragam melalui perhitungan dan memeriksa kembali proses dan hasil. Hasil penelitian secara kuantitatif model pembelajaran CPS meningkatkan (1) persepsi yaitu hasil observasi diperoleh rerata siklus I sebesar 63,54% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 77,08% dengan kategori baik. Hasil angket diperoleh rerata siklus I sebesar 63,96% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 77,17%. (2) pemecahan masalah yaitu hasil tes diperoleh rerata siklus I sebesar 64,03% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 77,42%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject persepsi, pemecahan masalah, CPS en_US
dc.title Peningkatan Persepsi dan Ketrampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 25 Purworejo Melalui Model Pembelajaran (CPS) Creative Problem Solving Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account