Abstract:
pengusaha. Adanya persaingan tersebut mendorong para pengusaha untuk
menciptakan berbagai strategi pemasaran supaya bisnis yang dijalankan tetap
eksis dibandingkan dengan kompetitornya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Brand Ambassador,
Tagline, dan Jingle Iklan Versi Iklan Televisi terhadap Brand Awareness.
Populasi penelitian ini masyakarat kota Kebumen yang mengetahui iklan Yamaha
di televisi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis linear berganda menunjukkan bahwa brand ambassador,
tagline, dan jingle iklan versi iklan televisi Yamaha berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand awareness. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hipotesis penelitian ini dapat diterima.