Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan
pemecahan soal cerita matematika siswa kelas VII dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada
menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada Madrasah Tsanawiyah
Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri
Purworejo berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VII D dan kelas
VII E yang keduanya berjumlah 64 siswa. Pada pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan
data adalah dengan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu soal tes berjumlah 20 soal. Soal tes mengenai kemampuan
pemecahan soal cerita matematika telah diujicobakan dan memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas.
Berdasarkan analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,69 dan
ttabel sebesar 1,67, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi
5% menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together lebih baik dari model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.