Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah kemampuan komunikasi
matematis dan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Al Islam JonoTahun Pelajaran
2016/2017 dapat meningkat dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilaksanakan setiap
pertemuan dan tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan
berupa lembar observasi kemampuan komunikasi matematis untuk mengukur kemampuan
komunikasi matematis lisan, tes evaluasi yang berbentuk soal uraian untuk mengukur
kemampuan komunikasi matematis tulis dan prestasi belajar. Analisis data yang digunakan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran think talk write (TTW)
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A MTs Al Islam
Jono. Persentase kemampuan komunikasi matematis yang diukur dengan menggunakan
lembar observasi pada siklus I sebesar 64,84% dalam kategori cukup, serta pada siklus II
persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi sebesar 76,75%
dalam kategori baik. Selain dari lembar observasi, persentase kemampuan komunikasi yang
diukur dengan menggunakan tes juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar
69,84% dalam kategori cukup, serta pada siklus II persentase kemampuan komunikasi
matematis siswa meningkat menjadi 77,96 % dalam kategori baik. Prestasi belajar siswa juga
mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar 65,62% menjadi 78,12% siswa yang lulus
dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).