Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Improve Berbantuan Program Wingeom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 1 Gintungan Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi. Pendidikan Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Listianita, Nindyati
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:28:44Z
dc.date.available 2018-02-02T08:28:44Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1055
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)peningkatan minat belajar matematika materi bangun ruang menggunakanmodel Improve berbantuanprogram Wingeompada siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan tahun ajaran 2016/2017 dan (2) peningkatan prestasi belajar matematika materi bangun ruang menggunakanmodel Improve berbantuanprogram Wingeompada siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungantahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 14 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket minat, catatan lapangan, dan soal tes evaluasi yang berjumlah 20 soal pilihan ganda dalam materi bangun ruang khususnya tabung, kerucut, kubus, balok, prisma, dan limas.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan prestasisiswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakkan model Improve berbantuan program Wingeom. Pada siklus I siswa masih malu untuk maju ke depan kelas, siswa belum berani menanggapi jawaban dari siswa lain, cenderung diam, saat ditanya guru, tetapi banyak mengobrol dengan teman sebangkunya. Pada siklus II banyak siswa yang sudah berani maju menjawab pertanyaan atas kemauan sendiri, siswa berani menanggapi jawaban dari siswa lain, siswa juga berani bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Adapun prestasi belajar matematika siswa menggunakan model Improve berbantuan program Wingeom pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan menunjukkan peningkatan. Pada siklus I masih ada lima siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yaitu keseluruhan siswa telah memperoleh nilai di atas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Improve berbantuan program Wingeom dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan, Gebang, Purworejo tahun ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject minat,prestasi belajar, Improve, Wingeom en_US
dc.title Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Improve Berbantuan Program Wingeom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 1 Gintungan Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi. Pendidikan Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account