Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran matematika di kelas VII SMP Purnama Ayah melalui model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) meningkatkan kreativitas siswa
dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Purnama Ayah melalui model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus
dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Purnama Ayah tahun
pelajaran 2016/2017 sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari empat fase yaitu
fase 1 mengorientasikan siswa pada masalah, fase 2 mengorientasikan siswa untuk
belajar, fase 3 membimbing penyelidikan individu atau kelompok, fase 4
mengembangkan dan menyajikan hasil karya, fase 5 menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara
kuantitatif kemudian didiskripsikan secara kualitatif.
Hasil penelitian kuantitatif model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Peningkatan aktivitas
dengan rata-rata hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu 60,87 dengan siswa
mencapai KKM 43,87% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi
70,65 dengan siswa mencapai KKM 69,57%. Peningkatan kreativitas dari nilai
rata-rata tes pada siklus I 62,64 dengan siswa mencapai KKM 47,83% dan pada
siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,34 dengan siswa mencapai
KKM 69,57%. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas ditunjukan dari
siswa berani mengajukan diri untuk presentasi hasil diskusi, siswa berani
menanggapi hasil diskusi teman dan siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok.
Peningkatan kreativitas ditujukan dari siswa mampu memberikan ide penyelesaian
masalah secara tepat dengan rician yang detail.