Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah
penggunaan metode pembelajaran GI dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi
belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Binangun. Penelitian ini termasuk dalam
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IIS 2 SMA Negeri 1
Binangun tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan
data diperoleh dengan metode observasi dan tes.
Berdasarkan hasil observasi pra siklus, siswa masih sedikit yang berperan
aktif pada pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 64,43%, pada siklus
1 peran siswa meningkat dengan persentase rata-rata 71,43%, dan pada siklus II
peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase 82,15%. Berdasarkan hasil tes
juga menunjukan bahwa persentase siswa yang mencapai nilai KKM terus
meningkat yaitu dari rerata 64,82 pada pra siklus meningkat menjadi 75 pada
siklus I dan meningkat menjadi 83,03 pada siklus II. Peningkatan dari pra siklus
ke siklus 1 sebesar 10,08 poin pada siklus 1 ke siklus II meningkat sebesar 10,18
poin dan pada pra siklus ke siklus II sebesar 18,22 poin. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode GI dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar siswa kelas X-IIS 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun pelajaran
2016/2017 dengan indikator keberhasilan hasil belajar mencapai nilai KKM
minimal 76%, sikap dan keaktifan mencapai kategori baik minimal 76%.