Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

enggunaan Metode Group Investigation untuk meningkatkan Keaktifan dan prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Binangun Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Andrianingsih, Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:33:57Z
dc.date.available 2018-02-02T08:33:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1058
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran GI dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Binangun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IIS 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi pra siklus, siswa masih sedikit yang berperan aktif pada pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 64,43%, pada siklus 1 peran siswa meningkat dengan persentase rata-rata 71,43%, dan pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase 82,15%. Berdasarkan hasil tes juga menunjukan bahwa persentase siswa yang mencapai nilai KKM terus meningkat yaitu dari rerata 64,82 pada pra siklus meningkat menjadi 75 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,03 pada siklus II. Peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 10,08 poin pada siklus 1 ke siklus II meningkat sebesar 10,18 poin dan pada pra siklus ke siklus II sebesar 18,22 poin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode GI dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-IIS 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun pelajaran 2016/2017 dengan indikator keberhasilan hasil belajar mencapai nilai KKM minimal 76%, sikap dan keaktifan mencapai kategori baik minimal 76%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Metode Grup Investigasi, Keaktifan siswa, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi en_US
dc.title enggunaan Metode Group Investigation untuk meningkatkan Keaktifan dan prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Binangun Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account