Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui karakteristik penalaran proporsional siswa kelas VII
SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah
30 siswa yang memiliki prestasi matematika tinggi, yang terdiri dari 13 siswa
laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober
2016 sampai dengan bulan Agustus 2017. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VII yang memiliki
kategori pemikir proporsional bawah (0-4 karakteristik) berjumlah 5 siswa. Siswa
yang memiliki kategori pemikir proporsional menengah (5-8 karakteristik)
berjumlah 19 siswa. Siswa yang memiliki kategori pemikir proporsional tinggi (9-
12 karakteristik) berjumlah 6 siswa. Terdapat 1 siswa yang memiliki 12
karakteristik pemikir proporsional.