dc.description.abstract |
Persaingan pada sektor perbankan saat ini sudah menjadi sangat ketat.
Setiap bank saling menawarkan kelebihan yang dimiliki agar masyarakat memiliki
minat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan bank, khususnya
transaksi mengajukan kredit. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi
minat mengajukan kredit diantranya word of mouth, tingkat suku bunga, dan
kualitas pelayanan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh word of mouth terhadap minat mengajukan kredit, pengaruh tingkat
suku bunga terhadap minat mengajukan kredit, serta pengaruh kualitas pelayanan
terhadap minat mengajukan kredit.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Cabang Magelang.
Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling
sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri
oleh responden berdasarkan persepsinya yang berkaitan dengan word of mouth,
tingkat suku bunga, kualitas pelayanan, dan minat mengajukan kredit.
Berdasarkan uji coba kuesioner yang dilakukan, seluruh butir pernyataan dalam
kuesioner terbukti valid dan reliabel.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi ganda. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa word of mouth, tingkat suku bunga, dan kualitas
pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap minat mengajukan kredit. |
en_US |