dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan disposisi dalam
pembelajaran matematika, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika dengan penerapan model pembelajaran TTW pada siswa kelas VIII A
SMP PGRI Bagelen Purworejo.
Penelitian ini merupakan PTK pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Bagelen
tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen
yang digunakan adalah observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif
tipe TTW dan disposisi dalam pembelajaran matematika, angket disposisi dalam
pembelajaran matematika, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika.
Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif
dengan pendekatan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa masih kurang
percaya diri dan gigih, sedangkan pada siklus II sudah banyak siswa yang percaya
diri dan gigih. Hasil rerata persentase disposisi dalam pembelajaran matematika
siswa yang didapat pada akhir siklus II masuk dalam kategori baik. Peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan pada siklus I siswa
belum bisa mengerjakan sesuai tahapan pemecahan masalah, sedangkan pada siklus
II siswa sudah banyak yang bisa mengerjakkan soal sesuai tahapan pemecahan
masalah matematika, didukung. Hasil rereta persentase kemampuan pemecahan
masalah matematika yang didapat pada akhir siklus II masuk dalam kategori baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TTW dapat meningkatkan disposisi dalam pembelajaran matematika dan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. |
en_US |