Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Numbered Heads Together disertai dengan pemberian reward dapat meingkatkan
keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII C MTs Miftahul Huda
Mangunranan tahun pelajaran 2016/1017.
Penelitian menggunakan penelitian tindaka kelas. Tahap penelitian terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C MTs Miftahul Huda Mangunranan
yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes,
dokumentasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian kualitatif dengan model pembelajaran numbered heads
together disertai dengan pemberian reward bahwa keaktifan belajar siswa pada
siklus I menunjukkan siswa belum terbiasa bertanya dan menjawab,
mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, dan pada siklus II
menunjukakan bahwa siswa mampu mengemukakan pendapat, bertanya dan
menjawab pertanyaan, dan mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat.
Dengan model pembelajaran Numbered Heads Together disertai dengan
pemberian reward dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII C MTs
Miftahul Huda Mangunranan dengan persentase keaktifan yaitu 61,78% pada
siklus I dan 72,02% pada siklus II, sedangkan rata-rat hasil belajar siswa pada
siklus I yaitu 72,5 dan rata-rata pada siklus II yaitu 80,78. Dengan jumlah siswa
yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 9 dan pada siklus II sebanyak 19
siswa. Sehingga dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran numbered heads together disertai dengan pemberian reward
dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas VIII C MTs Miftahul
Huda Mangunranan Tahun Ajaran 2016/2017.