Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together disertai dengan Pemberian Reward untuk Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII C MTs Mifathul Huda Mangunranan Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sayekti, Sugeng
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:37:24Z
dc.date.available 2018-02-02T08:37:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1062
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together disertai dengan pemberian reward dapat meingkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII C MTs Miftahul Huda Mangunranan tahun pelajaran 2016/1017. Penelitian menggunakan penelitian tindaka kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C MTs Miftahul Huda Mangunranan yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian kualitatif dengan model pembelajaran numbered heads together disertai dengan pemberian reward bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I menunjukkan siswa belum terbiasa bertanya dan menjawab, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, dan pada siklus II menunjukakan bahwa siswa mampu mengemukakan pendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat. Dengan model pembelajaran Numbered Heads Together disertai dengan pemberian reward dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII C MTs Miftahul Huda Mangunranan dengan persentase keaktifan yaitu 61,78% pada siklus I dan 72,02% pada siklus II, sedangkan rata-rat hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 72,5 dan rata-rata pada siklus II yaitu 80,78. Dengan jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 9 dan pada siklus II sebanyak 19 siswa. Sehingga dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together disertai dengan pemberian reward dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas VIII C MTs Miftahul Huda Mangunranan Tahun Ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan belajar, pemberian reward, numbered heads together en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together disertai dengan Pemberian Reward untuk Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII C MTs Mifathul Huda Mangunranan Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account